Pemkab Karanganyar godok 3 nama calon Plt Sekda

Tiga nama calon pelaksana tugas Sekretaris Daerah (Sekda) mulai digodok. Mereka akan menggantikan posisi Sekda Kastono DS yang berakhir masa jabatannya 1 September mendatang.

Bupati Karanganyar Rina Iriani kepada wartawan di Sekretariat Daerah (Setda), Kamis (18/8/2011), mengatakan hingga kini hasil tes Position Competencies Assesment Program (PCAP) pejabat eselon II yang memenuhi persyaratan baik kepangkatan maupun administrasi calon Sekda belum turun.

Pihaknya bahkan belum memeriksa informasi apa pun dari Pemprov soal PCAP tersebut. Padahal jabatan Sekda Kastono bakal berakhir 1 September.

“Kalau menunggu tes PCAP tidak mungkin. Itu saja belum final dan masih ada proses lagi. Jadi ya disiapkan Plt,” ujar Bupati.

Bupati mengatakan Plt Sekda juga harus memenuhi aturan seperti kepangkatan dan persyaratan administrasi lainnya. Sehingga, pihaknya tidak bisa asal menunjuk Plt. Sedikitnya tiga calon akan diseleksi untuk menduduki Plt Sekda.

“Sampai sekarang belum ada siapa yang akan jadi Plt. Semua masih digodok,” ujar Bupati.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar, Suwarno, mengatakan pihaknya akan membahas Plt Sekda, Sabtu mendatang. Pembahasan dilakukan mengenai golongan dan kepangkatan calon Plt Sekda.

Sebanyak 10 pejabat eselon II diajukan mengikuti tes PCAP di Semarang. Mereka adalah Asisten Sekda Bidang Pemerintahan Any Indrihastuti; Asisten Sekda Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Achmad Sapari; Sekretaris DPRD Samsi; anggota Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Utomosidi; Kepala Bappeda Sutarno; Asisten Sekda bidang Administrasi Sudjadi; anggota Staf Ahli Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan SDM Priharyanto; Kepala Dinas Kesehatan Cucuk Heru Kusumo; Kepala BPPT Larmanto dan Kepala DP2KAD Tatag Prabawanto.