SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar

SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar pada tahun 198

STM Muhammadiyah 2 Karanganyar didirikan pada tahun 1988 setelah STM Muhammadiyah 1 Karanganyar di Gondangrejo. Sekolah ini mulai menerima siswa baru Tahun Pelajaran 1988/1989 dengan surat ijin operasional dari Kanwil Depdikbud Propinsi Jawa Tengah Nomor : 852/I.03/I/1988 Tanggal 30 Mei 1988. Awal berdirinya menempati gedung milik YKPI ( Yayasan Kemasjidan dan Pendidikan Islam) Kabupaten Karanganyar yang berlokasi di Jalan Kapten Mulyadi 1 Karanganyar.

Majelis pendidikan dan kebudayaan kabupaten karanganyar memberi tugas kepada panitia untuk memikirkan keberadaan STM Muhammadiyah 2 Karanganyar, personalianya yakni Drs. Mulyono sebagai ketua, Drs. Sugiarso Hadi Saputro sebagai sekretaris dan MPK pada saat itu Drs. H. Mudzakir.

Setelah berjalan satu tahun pelajaran, sekolah ini mendapat piagam dari derektorat sekolah swasta, direkotorat pendidikan dasar dan menengah departemen pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia sebagai tanda sekolah berstatus “tercatat” dengan nomor data sekolah (D5) : C.28014305 tanggal 23 januari 1989 yang ditandatangani oleh a.n. Direktorat Jendral pendidikan dan menengah, Direktorat Sekolah Swasta, Drs. Sarjono Sigit.

Pada tahun Pelajaran 1992/1993 sekolah ini telah mampu memiliki ruang belajar sendiri walaupun belum mencukupi secara sempurna dan awal tahun pelajaran ini pula sekolah ini pindah ke gedung baru yang beralamat di jalan Imam Bonjol (yang sekarang : tentara pelajar) 20 Karanganyar kode pos 57716. gedung baru ini diresmikan oleh Bapak Kepala Kantor Depdikbud Kabupaten Karanyar Ir. Sartono dan Ketua PDM Kabupaten Karanganyar Drs. H. Abdul Basir, M.Ba. tanggal 19 Juli 1992.

Sekolah ini terus menampakkan eksistensinya di wilayah kabupaten karanganyar, pada tanggal 17 januari 1994 mendapat SK sebagai tanda sekolah berstatus “diakui” didirektorat sekolah swasta, direktorat pendidikan dasar dan menengah departemen pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia yang ditandatangani oleh a.n. direktorat jendral pendidikan dan menengah sekolah swasta Drs. Umaedi, M.Ed.

Seiring berjalannya waktu berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar tentang perubahan nama untuk STM (Sekolah Teknologi Menengah) menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pada tahun 1997 akirnya STM Muhammadiyah 2 Karanganyar berubah nama menjadi SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar hingga saat ini. Saat ini SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar telah memiliki 4 gedung; 3 gedung tingkat, 1 gedung tak bertingkat, 18 ruang teori, 9 ruang praktek, dan memiliki luas tanah 3000 m2, sarana dan prasarana belajar mengajar dan praktek yang memadai.

Visi

Menciptakan Tenaga Terampil Tingkat Menengah yang Islami, Unggul dalam prestasi, Sukses dan Berakhlaq mulia yang Berlatar Belakang pada Nilai – Nilai Budaya Bangsa Indonesia

Misi

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Teknik Mekanik  Otomotif.
  2. Mengubah peserta didik dari status beban menjadi aset pembangunan yang produktif dalam bidang pemeliharaan otomotif.
  3. Menghasilkan tenaga profesional untuk memenuhi kebutuhan tenaga mekanik otomotif khususnya dan pembangunan pada umumnya.
  4. Membekali peserta didik dengan beberapa kemampuan untuk dapat mengembangkan dirinya secara bertahap dan berkelanjutan.
  5. Meningkatkan sikap atau perilaku Islami, berakhlaq mulia, cerdas yang berguna bagi umat dan bangsa  untuk  menuju  masyarakat  Islami.

Website : http://smkmuh3kra.sch.id