Pemkab Karanganyar gelar pasar murah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar pasar murah mulai, Sabtu 13 – 8 – 2011 besok guna mengantisipasi lonjakan harga sembako menjelang Lebaran nanti. Kegiatan tersebut digelar di 10 kecamatan hingga tanggal 23 Agustus mendatang.

Kabag Perekonomian Setda Karanganyar Ambang Wibowo, Jumat 13 – 8 – 2011 menyebutkan 10 Kecamatan yang digelontor pasar murah adalah Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, Jatiyoso, Kerjo, Karanganyar Kota, Jenawi, Ngargoyoso, Karangpandan, Tasikmadu dan Kebakramat. Dengan paket Sembako yang dijual berupa beras, gula pasir, minyak goring, sirup, mie instan dan telor. Semua bahan pokok yang dijual jauh lebih murah dari harga pasaran.

“Kami memberikan subsidi untuk bahan pokok yang dijual di pasar murah itu. Total dana yang kami siapkan untuk pasar murah adalah Rp 143.850.000,” ujarnya.

Ambang mengatakan nominal subsidi yang diberikan bervariasi dari Rp 400- Rp 2.000 per kilogram (Kg). Selain menggelar pasar murah, Pemkab juga membagi sekitar 1.500 paket sembako. Sesuai rencana, paket sembako akan dibagikan kepada warga kurang mampu menghadapi Lebaran.

Paket-paket ini hanya akan dibagikan di Karanganyar kota, Jaten dan  Ngargoyoso. “Kegiatan ini kami lakukan untuk menekan harga kebutuhan pokok yang biasanya naik sebelum Lebaran,” katanya.