Bupati siapkan Plt Sekda

Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, akan menyiapkan pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar bila hingga 1 September, belum terpilih Sekda baru, pengganti Kastono DS.

Informasi yang beredar, Plt Sekda yang disiapkan oleh Bupati adalah Asisten I bidang Pemerintahan Setda Karanganyar, Any Indrihastuti. Kendati demikian, Bupati tidak menyebutkan siapa Plt Sekda tersebut.

“Yang pasti kami sudah antisipasi untuk menyiapkan Plt Sekda dengan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan),” ujar Rina kepada Espos, Selasa (9/8/2011).

Menurut Rina, jabatan Sekda ini tidak boleh lowong sebab dia yang mengatur seluruh pemerintahan dan PNS di Karanganyar.

Sekda, sebut Bupati, antara lain diperlukan untuk menandatangani pencairan gaji PNS. Terlebih lagi saat ini Pemkab dan DPRD tengah membahas perubahan APBD 2011.

Sebanyak 10 bakal calon Sekda Karanganyar sudah melalui tes position competencies assessment and program (PCAP). Tes tersebut antara lain meliputi tes administrasi (40 persen), tes wawasan kebangsaan (40 persen) dan tes rencana strategis (20 persen). Tes tersebut digelar oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng. Setelah tes, akan diumumkan urutan 10 calon tersebut.

“Kami masih menunggu hasil tes kesepuluh bakal calon Sekda itu dari Pemprov Jateng,” ujar Rina.

Setelah itu, Bupati memilih tiga nama calon Sekda untuk diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Pemprov Jateng. Selanjutnya, Mendagri memilih satu dari tiga orang yang diajukan itu untuk menjadi Sekda Karanganyar.