Prajabatan Dikebut

Mepetnya waktu Diklat prajabatan untuk CPNS 2009, membuat Pemkab Karanganyar akan mengajukan untuk Diklat empat angkatan sekaligus. Saat ini jumlah CPNS yang belum ikut diklat prajabatan lebih kurang sebanyak 760 orang.Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar Suwarno mengatakan, pihaknya tidak punya banyak waktu lagi untuk segera menyelesaikan Diklat prajabatan kepada 760 CPNS angkatan 2009. Rencananya dalam perubahan APBD 2011 mendatang pihaknya akan langsung mengajukan anggaran untuk prajabatan empat angkatan sekaligus. “Nanti kami akan mengajukan anggaran untuk prajabatan langsung empat angkatan, dengan jumlah peserta mencapai 160 orang. Sebenarnya sih maunya langsung semua, tapi waktunya ra nyandak,” paparnya akhir pekan kemarin.
Pelaksana Diklat Prajabatan gabungan ini diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,2 miliar. Sebenarnya, pihaknya berniat segera menyelesaikan sisa CPNS yang belum melaksanakan Prajabatan. Tetapi karena banyaknya jumlah CPNS dan minimnya waktu serta anggaran akhirnya BKD pun membatalkannya. Dan hanya mengajukan anggaran untuk empat angkatan saja. Menurut Suwarno, pengajuan anggaran untuk prajabatan sebelumnya sudah diajukan tetapi dicoret. “Nanti kami ajukan lagi,” tekadnya.
Selain menyelesaikan sisa Prajabatan CPNS, BKD juga berencana menyelesaikan pengangkatan tenaga honorer yang hingga saat ini nasibnya masih belum jelas. Menurut Kepala BKD, saat ini di Karanganyar masih ada lebih kurang 750 tenaga honorer yang sudah masuk dalam database, tetapi belum juga diproses.
“Kami pasti akan menyelesaikan nasib 750 tenaga honorer, kami juga sudah memasukkan datanya ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN),” paparnya.

Sumber : http://harianjoglosemar.com