Candi Ketek

Candi ketek ditemukan tersembunyi di dalam tanah  diantara bebatuan. Itulah kiranya kondisi reruntuhan candi yang ditemukan pada masa kini. candi ketek terletek di kaki gunung Lawu, tepatnya di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. keberadaan Candi Kethek  terletak tidak jauh dari Candi Cetho. Persoalannya adalah dimanakah letak candi tersebut? Sebenarnya lokasi Candi Kethek itu termuat pada peta Desa Cetho yang ada di jalan utama menuju desa Cetho. Sayangnya peta itu tidak jelas, rusak dimakan usia.

Candi Kethek ditemukan pada tahun 1842 oleh arkeolog dari Belanda yang Verbeek, Van Der Vlis dan Hoepermans ketika melakukan penelitian dan penggalian di daerah pegunungan Lawu. candi Kethek dipulihkan pada tahun 1982 oleh seorang asisten khusus untuk Presiden Soeharto, Soedjono Hoemardani.

Untuk menuju Candi Kethek pengunjung harus menelusuri hutan di kaki Gunung Lawu. Hanya jalan setapak  Artinya jelas jalannya sempit, bertanah, dan licin di musim hujan dan selain jalan setak untuk menuju lokasi pengunjung juga harus menyebrang sungai. Namun itu semua sebanding dengan pemandangan alam yang tersaji sepanjang perjalanan. Perjalanan dari Candi Cetho ke Candi Kethek itu kurang lebih 15 menit berjalan kaki.