Dishubkominfo Survei Angkutan Kota

Menjelang datangnya Lebaran, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar menggelar survei statis penumpang angkutan kota (load factor), Kamis (14/7). Survei dilaksanakan di dua titik yakni di Papahan dan Jalan Lawu (depan PN Karanganyar) dan berjalan selama tiga shift waktu.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui jumlah penumpang pada angkutan kota Jalur A jurusan Bejen – Palur. Menurut Supervisor survei Dishubkominfo Ardiansyah Dwianico, Survei statis ini dilakukan untuk mengetahui jumlah angkutan yang beroperasi pada jam-jam tertentu. “Survei ini dilakukan di dua titik dan tiga shift yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB untuk jam sibuk pagi, dilanjutkan pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB untuk jam tidak sibuk dan pukul 12.00 hingga 14.00 WIB untuk jam sibuk siang,” terang Ardiansyah.

Dari hasil survei statis tersebut semua angkutan kota memenuhi standar. Rencananya survei ini akan dilakukan juga untuk angkutan jalur lain, tetapi akan dilakukan koordinasi terlebih dahulu.

Terpisah Kabid Perhubungan Dishubkominfo Joko Maryono menjelaskan, hasil survei ini dipakai sebagai acuan perlu tidaknya penambahan armada untuk jalur itu. “Selain mengetahui kondisi angkutan jalur A, juga untuk mengetahui jumlah penumpang yang memanfaatkan angkutan tersebut,” ungkap Joko, kemarin. Ditanya mengenai rencana survei untuk angkutan umum lainnya, Joko mengatakan itu akan dilakukan. Tetapi untuk survei angkutan jenis bus, merupakan kewenangan dari Dishubkominfo Jawa Tengah.