2012 Karanganyar Tetap Rekrut PNS

Pemkab Karanganyar berencana tetap akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2012 mendatang. Alasannya, saat ini Pemkab Karanganyar masih kekurangan PNS, ditambah setiap tahunnya ada ratusan PNS yang pensiun.

“Tahun depan kami tetap mengajukan untuk penerimaan CPNS baru,” tutur Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar Suwarno, Kamis (14/7). Menurutnya, saat ini Karanganyar masih kekurangan pegawai. Bahkan jumlahnya mencapai ribuan orang. Ditambah lagi, untuk setiap tahunnya diperkirakan ada sekitar 300 hingga 350 PNS yang pensiun.

“Hingga Juni 2011 kemarin jumlah PNS yang pensiun mencapai 325 PNS. Kalau kurangnya mencapai ribuan, nanti di APBD perubahan 2011 kami ajukan lagi, masalah disetujui atau tidak itu nanti, tetapi kami tetap mengajukan penerimaan CPNS lagi,” kekehnya. Seperti tahun lalu, rencananya  CPNS tahun depan akan ditempatkan di tiga sektor yakni tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga administrasi dinas lainnya.

Mengenai permintaan kalangan dewan kepada BKD untuk dilakukan penataan PNS, Suwarno mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah itu. Tetapi, tetap tidak dapat menutupi kebutuhan tenaga di lingkup Pemkab Karanganyar.“ Nanti kami adakan rapat koordinasi lagi, dan saat ini kami sudah melakukan penataan PNS,” ujarnya. Disinggung mengenai minimnya dana APBD yang 70 persen lebih untuk belanja pegawai, Suwarno pun tidak membantahnya.

Sebelumnya, Kalangan DPRD Karanganyar telah meminta Pemkab Karanganyar untuk tidak membuka CPNS. Alasannya, saat ini jumlah PNS yang ada sudah terlalu banyak. Bahkan, ada sejumlah Dinas yang disinyalir kelebihan PNS. Sehingga, penerimaan CPNS justru akan membuat anggaran tersedot.  “Dulu kami sudah minta, Pemkab tidak usah buka CPNS lagi, tapi tetap saja dilakukan,” terang Wakil DPRD Rohadi Widodo.

Dengan kondisi ini, Rohadi pun khawatir ke depannya anggaran akan habis untuk belanja pegawai dan tidak ada anggaran untuk pembangunan. “Terlebih dengan adanya gaji ke -13,” sambungnya. Saat ini jumlah PNS yang ada di Karanganyar mencapai lebih dari 14.000 orang, dan jumlah tersebut menurut Rohadi sudah mencukupi dan tidak perlu lagi ada penambahan.