PEMERINTAH KABUPATEN
KARANGANYAR

Taman Wisata Sondokoro

SEJARAH SONDOKORO

Pabrik Gula Tasikmadu didirikan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo / KGPAA Mangkoenagoro IV pada tahun 1971 yang terletak di desa Sondokoro, sebelumnya pada tahun 1861 beliau mendirikan PG Colomadu terlebih dahulu dan 10 tahun kemudian PG Tasikmadu berdiri yang merupakan kebanggaan tersendiri karena PG Colomadu dan PG Tasikmadu didirikan oleh Raja Pribumi.

Konon desa Tasikmadu berdama desa Sondokoro menurut legendanya padepokan padas plapar mempunyai beberapa murid diantaranya bernama Sono dan Koro yang mempelajari ilmu tingkat tinggi. Setelah lulus dari padepokan kebali ke desa asal masing-masing yang keduanya tidak berjauhan diseberang hutan belantara. Tersebutlah seorang tumengung yang bernama Tumenggung Joyo Lelono yang gemar berburu di hutan. Pada suatu saat beliau sedang memburu seekor kijang, kemudian bertemu dengan Kyai Sondo yang mempunyai gadis bernama Sri Widowati yang sangat menawan hati Tumenggung, dan akhirnya berjanji akan diboyong ke Tumenggungan pada hari senin legi.

Tumenggung Joyo Lelono berburu lagi ke hutan, sesaat beliau terhalang di sungai saat mengejar buruannya dan terpesona melihat seorang gadis dari kejauhan yang dikiranya adalah Sri Widowati, gadispun lari ketakutan dan menceritakan ke ayahnya yaitu Kyai Koro, maka bertemulah Joyo Leloo dengan Kyai Koro dan akhirnya Joyo lelono meminangnya.

Anak dari Kyai Sondo dan Kyai Koro sudah lama bersahabat sejak lama dan keduanya saling menceritakan isi hari, akhirnya timbul adanya perselisihan antara dua gadis itu, dan melaporkan kepada ayahnya. Kyai Sondo dan Kyai Koro saling marah untuk membela anak gadisnya. Kemudian terjadilah perkelahian besar antara Kyai Sondo dan Kyai Koro selama 40 hari 40 maam, dikarenakan tunggal guru maka tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah, keduanya “sampyuh”/ musnah. Maka tempat pertempuran itu dijadikan cikal bakal Desa Sondokoro dan di ubah nama oleh KGPAA Mangkoenegoro IV menhadi Desa Tasikmadu karena ada Pabrik Gula dengan harapan hasil gila Pabrik bagaikan Danau Gula

Sondokoro Fasilitas

Tempat yang menyenangkan untuk berenang bagi anak-anak maupun dewasa di area Sriwidowati ini juga dilengkapi dengan water boom dan water fall

Sarana pendukung Wisata Agro Sondokoro :

1. Jaring Laba – Laba
2. Mandi Bola
3. Mini Futsal
4. Panjat Dinding
5. Arena Bermain Pasir
6. Flying Fox
7. Taman Air
8. Jembatan Gantung
9. Kolam Renang
10. Taman Lalu Lintas
11. Monumen Giling
12. Air Cerdas
13. Agro Sehat
14. Jalan Refleksi
15. Sachacinema/Film Proses Pembuatan Gula
16. Graha Pindusita
17. Terapi Ikan
18. Gazebo
19. Rumah Pohon
20. Fish House/Aquarium air tawar dan air

Bagi & Ikuti

Meta

Ditulis pada oleh Dodik dalam kategori Alam & Agro dan tag , , , , . Klik untuk Bookmark.

Terkait