DPU siapkan anggaran Rp 3 miliar

Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar menyiapkan anggaran hingga Rp 3 miliar untuk mengeruk dua waduk di wilayah Bumi Intanpari pada tahun 2011. Pengerukan waduk dilakukan lantaran tingkat sedimentasi waduk sudah dinilai terlalu tinggi.

Kepala DPU Karanganyar Didik Joko Bakdono ditemui di gedung DPRD akhir pekan lalu menyebutkan dua waduk yang akan dilakukan pengerukan adalah Waduk Lalung dan Waduk Delingan.

“Kami manfaatkan musim kemarau ini dengan mengeruk lumpur di Waduk Lalung dan Waduk Delingan,” ujarnya. Dia mengatakan  diharapkan dengan pengerukan waduk tersebut mampu meningkatkan daya tampung waduk pada musim hujan mendatang. Sehingga saat musim kemarau datang kebutuhan air bisa tercukupi. Untuk kegiatan tersebut, Pemkab telah mengalokasikan dana Rp 3 miliar yang diperoleh dari pengelolaan sumber daya air (PSDA).

“Endapan lumpur yang cukup tinggi mengakibatkan daya tampung kedua waduk tersebut menurun dalam beberapa tahun terakhir”. Padahal, dia menambahkan kebutuhan air selama musim kemarau cukup tinggi. Belum lagi, imbuhnya, jika terjadi kemarau berkepanjangan kebutuhan air akan semakin meningkat. Dijelaskannya, keberadaan Waduk Lalung dan Delingan penting untuk beberapa kegiatan. Selain irigasi sawah petani, air dari Waduk Delingan dimanfaatkan Pabrik Gula (PG) Tasikmadu selama musim giling.