SAMBUTAN BUPATI PADA PELANTIKAN PENGURUS HKTI KAB. KARANGANYAR

SAMBUTAN

BUPATI KARANGANYAR

Pada Acara
PELANTIKAN DAN PENGUKUHAN PENGURUS HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESIA (HKTI)
KABUPATEN KARANGANYAR

Hari/Tanggal : Selasa, 28 Juni 2011
Jam : 09.30 WIB
Tempat : Gedung DPRD Kab. Karanganyar

Assalammu’alaikum Wr. Wb.
– Yang Saya hormati Sdr. Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar.
– Yang Saya hormati Wakil Bupati Karanganyar.
– Yang saya hormati Ketua Dewan Pimpinan Propinsi (DPP) HKTI Propinsi Jawa Tengah
– Yang Saya hormati Kepala Badan/ Dinas / Kantor / Instansi / Bagian di Lingkungan Pem. Kab. Karanganyar;
– Yang saya hormati Ketua dan pengurus DPC KHTI Kab Karanganyar
– Hadirin dan dan para petani yang berbahagia.

Sebagai wujud syukur kita, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Atas segala nikmat, kesempatan dan hidayah yang dilimpahkan kepada kita semua, pada hari ini kita dapat berkumpul bersama dalam acara Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus HKTI Kab Karanganyar dalam keadaan sehat wal ‘afiat.
Sebelumnya Saya mengucapkan Selamat atas dilantiknya Pengurus HKTI Kab Karanganyar hari ini. Mudah-mudahan kepengurusan baru ini dapat mengemban amanah mengelola HKTI demi kesejahteraan petani Kabupaten Karanganyar.
Hadirin dan segenap anggota HKTI Kab Karanganyar yang berbahagia.
Pertanian di Indonesia masih menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Maka dari itu, pembangunan pertanian masih menjadi prioritas, termasuk di Kabupaten Karanganyar yang menetapkan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan dalam semboyan INTANPARI (Industri, Pertanian dan pariwisata).
Dalam usaha memajukan bidang pertanian, diperlukan keseriusan mengelola Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM)nya, yaitu petani. Mengingat dewasa ini lahan pertanian semakin berkurang dengan berbagai alasan seperti populasi penduduk yang makin bertambah, dan konversi lahan yang terjadi, maka upaya memaksimalkan fungsi lahan harus diutamakan.
Berkaitan dengan hal tersebut maka petani selaku SDM pengelola pertanian harus mendapat arahan, pendampingan dan motivasi demi gairah meningkatkan produktivitas pertanian. Kehadiran HKTI harus bisa memainkan peran dan fungsinya selaku organisasi profesi yang memfasilitasi dan memperjuangkan kepentingan petani ini, dengan muaranya adalah tercapainya peningkatan kesejahteraan petani.
Kepengurusan HKTI di Kab Karanganyar hendaknya memahami tiga fungsi utama keberadaannya. Pengurus harus bisa menjalankan fungsi advokasi, pendampingan dan pembelaan terhadap berbagai kepentingan petani di semua sektor. Fungsi pembinaan dan bimbingan perlu diberikan pada petani sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Dan fungsi motivator serta dinamisator diperlukan untuk dapat memberi motivasi dan pemahaman kepada seluruh stake holder pertanian, sehingga sinergi yang tercipta dapat makin memajukan dunia pertanian.

Hadirin anggota dan pengurus HKTI yang terhormat,
Kini kita semua telah mafhum dengan berbagai ketersediaan tekhnologi. mari berikan sentuhan tekhnologi kepada para petani dalam pengelolaan pertaniannya. Penerapan tekhnologi akan memberikan kemudahan, efisiensi dan efektivitas sehingga diharapkan biaya produksi dapat ditekan, dan pendapatan petani akan bertambah.
Akhirnya kepada para pengurus HKTI Kab Karanganyar Saya berharap dapat benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memberikan wawasan mengenai penguasaan tekhnologi, akses permodalan, pemasaran dan sebagainya.
Sekali lagi Saya mengucapkan Selamat kepada pengurus HKTI Kab Karanganyar. Semoga dapat mengemban amanah dan menjadi mitra bagi pemerintah dalam memajukan dunia pertanian di Bumi Intanpari. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridho serta petunjuk kepada kita semua. Amin. Sekian, terima kasih.

Wassalammu’allaikum Wr. Wb.

BUPATI KARANGANYAR

Dr. Hj.RINA IRIANI SRI RATNANINGSIH,M.Hum.

-sf-