Murid Al Albani Berlatih Upacara Bendera

Puluhan siswa kelas I-V SD IST Al Albani (Matesih) antusias berlatih upacara bendera, Selasa (14/6). Keceriaan siswa bertambah saat Bupati Rina Iriani Sri Ratnaningsih menyaksikan mereka berlatih. Mereka kemudian berebut menyalami bupati.

Saat itu pula, bupati menguji kemampuan mereka dalam menyanyikan Indonesia Raya dan menghafal Pancasila. ”Ayo semua kalau sudah hapal Pancasila, coba dibaca bersama-sama. Ibu ingin bukti kalau kalian benar-benar menghapal,” Tutur Rina kepada para siswa.

Selanjutnya mereka secara kompak menyebebut lima sila dalam Pancasila. Dalam kesempatan itu, bupati juga mengajak anak-anak bernyanyi Indonesia Raya, bahkan bupati sempat mengajari salah satu siswa menjadi dirigen.

SD IST Al Albani merupakan salah satu sekolah yang sebelumnya tak menyanyikan Indonesia Raya dan tidak pula melaksanakan hormat bendera merah-putih saat upacara. Sejak Sabtu pekan lalu sekolah itu berlatih upacara dengan tata urutan upacara secara lengkap. Rencananya pada 17 Juni nanti akan diadakan upacara bendera untuk pertama kalinya, dengan Inspektur Upacara Bupati Rina Iriani.

Melihat kesediaan pengelola sekolah itu, Rina sangat mengapresiasi. Meski demikian, orang nomor satu di Karanganyar ini mengaku masih memiliki tanggungan atau pekerjaan rumah dalam membina SMP Al Irsyad Tawangmangu yang hingga kini masih belum sepakat mengangkat tangan untuk hormat bendera merah-putih. ”Kami akan terus melakukan pembinaan. Kami akan terus lakukan pendekatan persuasif.

Pembinaan dengan melibatkan Kementrian Agama, pemerintah kecamatan, Disdikpora, aparat Polsek dan Koramil akan dilakukan terus-menerus dan mengedepankan dialog.

Disinggung keinginan pengelola Al Irsyad Tawangmangu untuk bertemu dirinya? Rina menyampaikan bahwa dia bersedia jika pengelola SMP Al Irsyad Tawangmangu bersedia dialog dan bukan untuk memperdebatkan pemahaman. ”Asal tidak untuk berdebat. Yang jelas dasar hukumnya untuk hormat bendera itu sudah jelas. Ada empat pilar yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Pancasila, UUD 1945 dan hormat bendera merah-putih. Ini aturan yang harus diikuti.”