Karanganyar waspadai penyebaran tiga penyakit zoonosis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran tiga jenis penyakit zoonosis di daerah perbatasan.

Hal ini lantaran sejumlah daerah di Soloraya yang berbatasan langsung dengan Karanganyar terjangkit tiga penyakit zoonosis tersebut. Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Diskes) Karanganyar, Fatkul Munir menyebutkan tiga jenis penyakit zonosis yang diwaspadai adalah antraks, leptospirosis dan rabies. ”Tiga penyakit itu gawat dan beresiko besar penularannya terhadap manusia. Bisa menyebabkan hingga kematian,” tegasnya ketika dijumpai di ruang kerjanya akhir pekan kemarin.

Dia menyebutkan berdasarkan data yang diterima Dinkes Karanganyar, penyakit zoonosis telah menyerang wilayah di luar Karanganyar, seperti halnya antraks di Sragen, kasus leptospirosis ditemukan di Klaten dan Wonogiri. Selain itu kasus warga yang terkena rabies di Kabupaten yang berbatasan dengan Jawa Barat, seperti Brebes dan Cilacap. ”Jadi meski di Karanganyar belum ada kasus, tapi kan daerah tetangga sudah. Karena itu kami tingkatkan kewaspadaan,” ujarnya.