Warga Jaten diminta waspadai angin ribut

Warga yang tinggal di kawasan perumahan dan permukiman di Kecamatan Jaten, Karanganyar, diimbau mewaspadai cuaca yang terus berubah saat ini. Wilayah yang padat ini termasuk kawasan yang rawan bencana angin ribut dan puting beliung.

“Petugas perlindungan masyarakat (Linmas) di desa juga kami minta untuk memantau wilayah masing-masing,” ujar Camat Jaten, Bachtiyar Syarif, belum lama ini. Kesiagaan itu, lanjut dia, untuk mengantisipasi agar bila ada kejadian bencana alam bisa langsung ditangani.

Yang terpenting, kata dia, adalah evakuasi sesegera mungkin. Apalagi bila hal itu menyangkut dengan korban manusia maupun bencana yang bisa mengganggu kepentingan umum. Misalnya ada pohon tumbang dan sebagainya yang bisa menghalangi lalu lintas jalan, maka sebisa mungkin harus dilakukan evakuasi terlebih dahulu.

Bila menyangkut bencana atau kejadiaan alam yang di luar kemampuan untuk ditangani warga sendiri, maka warga diminta untuk segera melaporkanya ke pihak pemerintah desa yang nanti akan diteruskan ke instansi terkait guna penanganan.

Agar penanggulangan kejadian alam itu cepat tertangani, maka pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Puskesmas dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar. Ditambahkannya, banjir yang sering terjadi juga harus selalu diantisipasi. “Di Jaten banyak sungai yang mengalir dari saluran irigasi, maka itu juga tidak boleh luput dari perhatiannya.