Produk biofarmaka dikembangkan

Beragam produk unggulan klaster biofarmaka dari delapan daerah di wilayah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dipamerkan dalam Pelatihan Operasional Peralatan Pascapanen Biofarmaka di Dukuh Bayas, Desa Sambirejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Selasa (26/4/2011).

Klaster produk unggulan daerah yang dipamerkan, seperti halnya Kabupaten Purbalingga yang memfokuskan para penguatan klaster industri knalpot dan sapu glagah mampu menyedot perhatian Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata.

Tidak hanya itu produk unggulan dari daerah Banjarnegara yang menguatkan klaster kentang, Kabupaten Kebumen klaster kelapa dengan beragam produk yang dihasilkan dari serabut kelapa seperti topi, tas, bantal dan tempat sampah ramah lingkungan juga mampu menarik perhatian peserta yang datang.

“Produk andalan kami memang membuat anyaman sabut kelapa dan ini sudah di ekspor ke luar negeri. Permintaan dalam negeri juga tidak kalah. Pesanan terus berdatangan,” ujar pengrajin anyaman sabut kelapa dari Kebumen Darda