Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Kepala Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan mempunyai tugas membantu Asisten Pemerintahan dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan di bidang Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan, serta pendapatan dan kekayaan desa.

Uraian tugas sebagaimana dimaksud diatas, sebagai berikut :

  1. merumuskan program kegiatan Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk / arahan baik secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan informasi, masukan, serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. merumuskan konsep kebijakan pemerintah daerah yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan desa dan Kelurahan yang meliputi Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan, pendapatan dan kekayaan desa;
  6. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan Kelurahan yang meliputi Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan, pendapatan dan kekayaan desa;
  7. mengkoordinasikan dan fasilitasi pelaksanaan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa, perangkat desa, Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan;
  8. melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan, pendapatan dan kekayaan desa;
  9. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pengelolaan keuangan desa dan penyusunan APBDesa;
  10. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pengelolaan keuangan dan penyusunan anggaran Kelurahan;
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;
  12. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  13. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan

Kepala Sub Bagian Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, dan pengendalian kegiatan di bidang Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan.

Uraian tugas sebagaimana dimaksud diatas, sebagai berikut :

  1. menyusun program kegiatan Sub Bagian Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun lalu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk / arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. menyiapkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan;
  5. melaksanakan pengkajian dan penelitian dalam rangka penetapan batas wilayah Desa dan Kelurahan serta perubahan batas Desa dan Kelurahan;
  6. melaksanakan pembinaan administrasi dan monografi Desa dan Kelurahan;
  7. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi penyusunan produk-produk hukum Desa  dan Kelurahan
  8. menyiapkan bahan pembinaan, fasilitasi monitoring dan evaluasi administrasi Desa dan Kelurahan ;
  9. menyiapkan bahan dalam rangka memfasilitasi permasalahan-permasalahan yang timbul berkenaan dengan penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan;
  10. menyiapkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis penyusunan pertanggungjawaban Kepala Desa, memonitor, mengkaji dan mengevaluasi serta menyiapkan tanggapan pertanggungjawaban Kepala Desa;
  11. menyiapkan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis serah terima jabatan Kepala Desa;
  12. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;
  13. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  14. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan

Kepala Sub Bagian Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan  mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, dan pengendalian kegiatan di bidang Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan.

Uraian  tugas sebagaimana dimaksud diatas, sebagai berikut;

  1. menyusun program kegiatan Sub Bagian Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun lalu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan.
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk / arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. menyiapkan bahan penyusunan rancangan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, petunjuk pelaksanaan, dan petunjuk teknis yang berkaitan dengan pencalonan, pemilihan dan/atau pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa dan Perangkat Desa;
  5. menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan rancangan Keputusan Bupati tentang pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa;
  6. menyiapkan bahan fasilitasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan ujian Perangkat Desa guna kelancaran pelaksanaan kegiatan;
  7. menginventarisir data penghasilan Kepala Desa dan Perangkat Desa;
  8. mengkaji permasalahan yang menyangkut pelaksanaan tugas Kepala Desa dan Perangkat Desa serta menghimpun dan meneliti laporan penyelenggaraan pemerintahan desa yang disampaikan oleh Kepala Desa;
  9. menyiapkan bahan pengawasan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dan ujian Perangkat Desa sebagai dasar pengambilan kebijakan tindak lanjut;
  10. menyiapkan bahan petunjuk teknis pembentukan lembaga Desa dan Kelurahan;
  11. menyiapkan bahan fasilitasi pembentukan Badan Permusyawaratan Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan;
  12. melaksanakan pembinaan kepada Kepala Desa, perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa;
  13. melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas Kepala Desa, perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa;
  14. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;
  15. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  16. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sub Bagian Pendapatan dan Kekayaan Desa

Kepala Sub Bagian Pendapatan dan kekayaan Desa mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, dan pengendalian kegiatan di bidang pendapatan dan kekayaan Desa.

Uraian tugas sebagaimana dimaksud diatas, sebagai berikut :

  1. menyusun program kegiatan Sub Bagian Pendapatan dan kekayaan Desa berdasarkan hasil evaluasi kegiatan tahun lalu sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku serta sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan kebijakan atasan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya dan memberi petunjuk/ arahan baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. menyiapkan data dan mengkaji permasalahan yang berkaitan dengan kerja sama antar Desa, perselisihan antar Desa, monitoring pemanfaatan aset Desa dalam rangka meningkatkan sumber pendapatan desa;
  5. menyiapkan bahan dan petunjuk teknis pengelolaan keuangan dan kekayaan Desa dan bantuan keuangan kepada Kelurahan;
  6. menyiapkan bahan, pembinaan dan fasilitasi penyusunan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBDesa dan Kelurahan;
  7. melaksanakan monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan, pendapatan dan kekayaan desa;
  8. melaksanakan inventarisasi dan pelelangan tanah bekas bondo Desa yang Desanya menjadi Kelurahan;
  9. menyiapkan bahan dalam rangka memfasilitasi permasalahan-permasalahan yang timbul berkenaan dengan tanah kas Desa dan tanah bekas bondo Desa yang Desanya menjadi Kelurahan;
  10. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;
  11. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  12. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.