Pasar Tuban akan Diresmikan

Pasar Tuban, Gondangrejo akan segera dioperasikan. Peresmian Pasar Tuban rencananya akan dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo, Selasa (22/3) malam dengan hiburan pentas wayang. Peresmian ini dibarengkan dengan peresmian sejumlah proyek yang dikerjakan oleh Pemkab Karanganyar lainnya.

“Peresmian Pasar Tuban dibarengkan dengan proyek lainnya yang lebih kurang sebanyak 1.931. Untuk pasar Tuban sendiri telah menelan biaya sebesar Rp 9,5 miliar,” terang Bupati Rina kemarin. Dengan direvitalisasinya Pasar Tuban, Bupati berharap dapat mengubah pola pandang warga tentang pasar tradisional.

‘’Selain menjadi elemen penting dalam bisnis, Pasar Tuban nantinya dapat mengubah pandangan masyarakat tentang kondisi pasar tradisional yang becek, semrawut kumuh dan kurang nyaman,” tambahnya. Pasar Tuban dibangun di atas tanah seluas 12.150 meter persegi. Dalam pasar tersedia 159 unit kios dan 18 los. Selain itu, pasar Tuban juga dilengkapi dengan fasilitas MCK, kantor, taman, tempat pembuangan sampah, lahan parkir serta pos penjagaan.

Bupati Rina menguraikan selama 2010 kemarin, Pemkab menerima bantuan dari APBD Jateng sebesar Rp 20,087 miliar. Selain itu, Karanganyar juga menerima dana penyesuaian serta otonomi khusus dari pemerintah pusat yang mencapai Rp 28,442 miliar. Dana penyesuaian dan otonomi khusus senilai Rp 28,442 miliar. “Dana itu antara lain digunakan untuk revitalisasi terminal, pemeliharaan dan peningkatan jalan, jembatan serta pembangunan Gedung Kantor DPU yang mencapai Rp 23,574 miliar,” ulasnya.