Sub Terminal Gondangrejo Segera Dioperasikan

Sub Terminal Gondangrejo, Karanganyar yang sudah selesai direvitalisasi akan mulai dioperasikan bulan ini. Meski begitu, sejumlah sarana dan prasarana pendukung yang seharusnya sudah ada seperti penunjuk arah hingga saat ini belum juga dipasang. Juga pedagang kelontong yang sudah mendapatkan izin juga belum banyak yang memfungsikannya.

Kondisi ini dibenarkan oleh Kepala Sub Terminal, S Wiranto. Ia berharap agar sarana tersebut dapat dilengkapi sesegera mungkin, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal. “Untuk fasilitas yang belum ada seperti penunjuk arah, diharapkan dapat segera dilengkapi,” tuturnya.

Dengan beroperasinya sub terminal C Gondangrejo ini, nantinya angkutan wajib masuk terminal melalui pintu timur. Sedangkan kios yang ada di sub terminal sebanyak 34 unit hingga kini belum ditempati semuanya. Karena masih banyak pedagang yang memilih berjualan di luar terminal. Padahal dari pihak pengelola sendiri sudah memberikan izin untuk menempati kios. “Para pedagang yang akan menempati kios ini adalah pedagang-pedagang lama dan kami tidak menerima pedagang baru. Tetapi yang sudah pindah baru beberapa pedagang,” terang Wiranto.

Ditanya mengenai hak-hak pengguna kios, dengan tegas Wiranto mengatakan bahwa kios yang ditempati tidak boleh diperjualbelikan. Dan harus ditempati sendiri. Tetapi saat Joglosemar melihat ada spanduk yang menawarkan kios untuk di kontrak, Wiranto tidak dapat menjelaskannya. “Ya kalau di Perda hanya mengatur tentang larangan jual beli kios, sedangkan untuk kontrak saya belum jelas,” kilahnya.

Untuk menempati kios dengan ukuran 2 X 3 meter pedagang harus membayar sebesar Rp Rp 14 Juta. Pembayaran dilakukan dengan cara mengangsur selama tiga tahun.