Jumapolo segera terapkan Simade

Seluruh desa di Kecamatan Jumapolo, segera menerapkan Sistem Informasi Manajemen dan Administrasi Desa (Simade). Karena itu, Pemerintah Kecamatan Jumapolo melatih sejumlah perangkat desa untuk dapat menguasai program aplikasi Simade.

Camat Jumapolo, Agus Hartanto, Kamis (17/3/2011) di kantornya mengatakan, saat ini pihaknya telah melatih sejumlah perangkat desa yang akan menerapkan Simade di desa-desa. Pelatihan tersebut yakni meliputi materi pengoperasian program Simade. Simade adalah salah satu program aplikasi komputer yang berkaitan dengan data kependudukan.

Sebelum program tersebut diluncurkan, imbuh Agus, semua operator Simade yang tersebar di desa-desa harus mahir menjalankan program tersebut. “Kami tidak mau tenaga yang dipunyai hanya tahu menjalankan program, tapi tak tahu makna filosofisnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk peralatan komputer, selama ini masih menggunakan komputer milik desa. Bila ada tambahan dana, nantinya akan dilengkapi juga dengan perlengkapan lainnya yang lebih baru.