Dua Jabatan Eselon II Dibiarkan Kosong

Dua jabatan eselon II yakni Kepala dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Dispendukcapil) dan Kepala badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga berencana (BP3A dan KB) yang ditinggal pensiun hingga saat ini dibiarkan kosong.  Untuk sementara jabatan diisi oleh pelaksana tugas (Plt).
Bupati Karanganyar Rina Iriani mengatakan belum berencana mencari pengganti pejabat eselon dua yang kosong. Tetapi jika pengisian ini dirasa mendesak, baru akan dilakukannya. “Saat ini kursi yang kosong untuk jabatan eselon II sudah bisa diatasi oleh pelaksana tugas, jadi belum begitu mendesak untuk dilakukan mutasi,” tandasnya.
Menurutnya saat ini yang menjadi fokus adalah pencarian pengganti sekretaris daerah (Sekda) yang masih dijabat Kastono. Menurut Rina, beberapa waktu yang lalu Badan pertimbangan Jabatan (Baperjakat) sudah menyerahkan 10 nama kandidat yang akan menduduki kursi Sekda. Setelah diteliti, kesepuluh nama yang sudah memenuhi syarat Sekda tersebut dikembalikan untuk di godok lebih matang lagi.
“Kemarin sudah diserahkan 10 nama, kemudian saya kembalikan untuk digodok lagi yang nantinya akan dipilih menjadi enam nama saja,” terangnya. Rina menambahkan, jika hingga waktu yang ditentukan tidak ada kandidat yang lolos sebagai Sekda, pihaknya akan membuat pelaksana tugas ( Plt) seperti yang sudah dilakukan pada jabatan Kepala Dispendukcapil dan Kepala BP3A dan KB.
Selain dua jabatan eselon II, menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karanganyar Suwarno, masih banyak kursi di struktural Karanganyar  yang kosong. Bahkan kursi jabatan yang kosong mencapai belasan. “Selain jabatan eselon II, ada banyak jabatan yang kosong, seperti eselon III, IV dan V. Kekosongan ini disebabkan karena pejabatnya sudah pensiun dan untuk sementara diisi oleh plt,” terang Suwarno.