Aset Koperasi di Karanganyar Capai Rp 400 M

Keberadaan koperasi sebagai unit usaha di tengah masyarakat telah tumbuh dan berkembang pesat di Karanganyar. Hal ini dibuktikan dengan naiknya angka pertumbuhan koperasi, baik dari jumlah maupun dari segi aset yang dimiliki.

Untuk tahun 2010, total aset yang dimiliki koperasi di Kabupaten Karanganyar mencapai sekitar Rp 400 miliar. “Aset koperasi pada tahun 2010 naik sekitar Rp 50 miliar dibanding aset koperasi pada tahun 2009,” ujar Sundoro, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Karanganyar, Rabu (9/3).

Sundoro menambahkan, kenaikan ini terjadi seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap koperasi. Selain itu, koperasi telah banyak yang menggunakan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) sehingga peluang koperasi untuk mendapatkan dana lebih besar. Ini berarti daya serap anggota koperasi terhadap dana yang ada terus meningkat sehingga mereka bisa meningkatkan daya usaha mereka.

Saat ini, jumlah koperasi di Kabupaten Karanganyar mencapai sekitar 995 unit koperasi. Namun, dari sekian banyak koperasi yang tersebar di Karanganyar, hanya sekitar 700 unit koperasi saja yang aktif. “Jadi, ada 70 persen koperasi yang aktif dan sisanya, 30 persen tidak aktif,” tegasnya.

Kebanyakan koperasi yang tidak aktif merupakan koperasi kelompok tani. Susahnya untuk mencari pengurus yang mampu mengelola koperasi dengan baik, dinilai sebagai salah satu sebab ketidak aktifan tersebut.

Koperasi yang memiliki perkembangan cukup pesat yakni Koperasi yang berlabel syariah. Di antaranya yakni Kospin Syariah, Dinar Barokah, dan lain sebagainya. Disperindagkop dan UMKM Karanganyar terus melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang ada di Karanganyar. Namun, peran Dinas dalam hal ini hanya sebagai pembinaan yang bersifat eksternal. “Kami hanya memberikan motivasi dan memfasilitasi koperasi-koperasi yang ada, sedangkan untuk masuk lagi lebih dalam ke internal koperasi, Dinas tidak diperbolehkan berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 1992,” terangnya.

Sumber: http://www.harianjoglosemar.com