Pengembalian SPT Baru 40%

Pengembalian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan Pajak Penghasilan (PPh) untuk Wajib Pajak (WP) hingga memasuki bulan Maret ini masih minim. Diperkirakan, baru sekitar 40 persen saja yang mengembalikan surat tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar, Joko Martono. Ia mengatakan, masih minimnya pengembalian SPT Tahunan tersebut lantaran masyarakat terbiasa untuk menunda-nunda pengembalian SPT hingga pada akhir waktu yang ditentukan.

“Pengembalian SPT Tahunan untuk Orang Pribadi paling lambat tanggal 31 Maret. Sedangkan untuk Badan paling lambat tanggal 30 April, “ kata Joko Martono, seusai menggelar acara Simulasi Pengisian SPT Tahunan Pph Tahun 2010, di halaman KPP Pratama Karanganyar.

Acara simulasi tersebut merupakan acara yang serentak diadakan secara Nasional, Selasa (8/3). Di Kabupaten Karanganyar sendiri, acara ini diadakan di tiga tempat yakni halaman KPP, Polres Karanganyar, dan RSUD Sragen.

Tujuan dari diadakannya acara ini yakni untuk membantu para wajib pajak yang kesulitan mengisi SPT dan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak untuk mengembalikan SPT Tahunan. “Saya mengajak Wajib Pajak untuk segera mengumpulkan SPT tahunannya sebelum jatuh tempo pada 31 Maret untuk orang pribadi dan 30 April untuk badan,” ajaknya.

Joko mengaku, KPP telah menyiapkan serangkaian strategi guna mengajak masyarakat untuk tertib membayar pajak. Salah satunya yakni dengan cara menyebar drop boks di sejumlah tempat yang strategis. Hal ini dilakukan untuk menjaring wajib pajak yang memiliki banyak kesibukan, sehingga KPP harus menjalankan sistem jemput bola.

Sumber: http://www.harianjoglosemar.com/