Angin Ribut di Jaten, Puluhan Rumah Rusak

Sedikitnya 10 rumah milik warga dan bangunan infrastruktur di dua Dusun Pulosari dan Karangasem, Desa Sroyo, Jaten rusak setelah angin ribut melanda, Sabtu (5/3). Meski tidak ada korban jiwa, akibat kejadian itu kerugian ditaksir mencapai Rp 77 juta lebih.

Sebelum diterjang angin ribut, di dua dusun itu sudah diterpa hujan deras yang disertai angin. Hujan mulai turun sekitar pukul 16.00 WIB, beberapa saat kemudian, angin bertambah kencang dan warga pun panik. Sekitar pukul 17.00 WIB, angin yang datang semakin besar dan membuat sejumlah rumah milik warga dan bangunan fasilitas umum rusak. Seperti yang dialami Rudianto (40), warga Dusun Pulosari RT 01/ RW II, Desa Sroyo. Akibat terjangan hebat angin ribut, atap teras rumahnya rusak berat karena tidak kuat menahan terpaan angin. Ditaksir Rudianto mengalami kerugian Rp 7,5 juta. “Saat itu hujan yang bercampur angin sudah mendera mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Karena angin yang datang cukup besar, sejumlah bangunan rumah pun rusak,” terang Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Aji Pratama Heru Kristanto kepada wartawan kemarin.

Selain merusak rumah, angin ribut yang datang Sabtu (5/3) sore juga merusak sejumlah fasilitas umum. Seperti tiang listrik yang ada di Sroyo juga rubuh akibat terjangan angin kemarin sore. Tim BPBD yang datang ke tempat kejadian langsung mengevakuasi warga dan bergotong-royong membersihkan puing-puing yang masih berserakan.