7 Hari Kerja

Latar Belakang

Berdasarkan Pasal 27 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, salah satu kewajiban Kepala Daerah adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat. Bahwa dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat tersebut disusun kegiatan yang bersifat strategis dengan mengoptimalkan berbagai potensi yang ada sehingga setahap demi setahap Kabupaten Karanganyar diharapkan lebih maju, mandiri dan masyarakatnya lebih sejahtera. Pembangunan lebih diarahkan dalam upaya keberpihakan kepada masyarakat lemah. Dalam kerangka itulah maka Bupati Karanganyar menyusun kegiatan guna memacu percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pelestarian budaya, mendidik budi pekerti serta kepribadian luhur dengan menetapkan kegiatan harian Bupati Karanganyar.

Kegiatan Harian Bupati Karanganyar

SENIN SEHAT

Bidang kesehatan merupakan program prioritas di Kabupaten Karanganyar. Tujuan pembangunan bidang kesehatan adalah:

  1. Meningkatnya kemandirian masyarakat untuk memelihara dan memperbaiki kesehatannya
  2. Meningkatnya kemampuan masyarakat menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, efektif dan efisien
  3. Terciptanya lingkungan fisik dan sosial yang sehat
  4. Menurunnya prevalensi masalah gizi, khususnya pada kelompok ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan balita
  5. Mendorong peran serta swasta untuk membangun kesehatan masyarakat

Senin Sehat merupakan upaya Bupati Karanganyar dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan di bidang kesehatan.

Setiap hari Senin Bupati Karanganyar melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan bidang kesehatan antara lain:

  1. Melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah/ ke rumah-rumah penduduk untuk memantau kondisi kesehatan masyarakat di semua Wilayah Kabupaten Karanganyar misalnya berupa gizi buruk, kesehatan lingkungan deteksi dini terhadap wabah penyakit misalnya demam berdarah, flu burung dan sebagainya
  2. Memberikan bantuan bagi masyarakat yang mengalami masalah-masalah kesehatan, misalnya gizi buruk baik dalam rangka upaya pemulihan maupun jangka panjangnya.

SELASA MASYARAKAT SADAR HUKUM

Supremasi hukum dan pemerintahan yang bersih merupakan salah satu kunci keberhasilan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan di segala bidang, dengan meningkatkan pelaksanaan pengawasan dan menempatkan hukum sebagai landasan berpijak bagi penyelenggaraan pemerintahan diharapkan terwujud pemerintahan yang bersih (clean goverenment). Dalam kaitan ini program dan kegiatan yang dilaksanakan adalah :

  1. Penyusunan dan penyempurnaan produk hukum daerah,
  2. Peningkatan kemampuan aparat hukum,
  3. Pengembangan budaya tertib hukum dan HAM,
  4. Penerapan dan penegakan hukum,
  5. Pengembangan sarana dan prasarana hukum.

Kegiatan Bupati Karanganyar pada hari Selasa adalah melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, yaitu:

  1. Melaksanakan penyuluhan hukum, sosialisasi HAM, dan peraturan perundang-undangan lainnya kepada masyarakat
  2. Sarasehan Masyarakat Sadar Hukum
  3. Operasi yustisi, penegakan disiplin dan pembinaan-pembinaan lain yang mengarah pada peningkatan kesadaran hukum masyarakat.

RABU BELAJAR DAN BERBAHASA JAWA

Rabu Belajar

Belajar dalam arti yang luas adalah upaya untuk mengembangkan potensi diri, ketrampilan, pengetahuan, kecerdasan dan budi pekerti dengan mengembangkan cipta, karya dan karsa.

Pendidikan sangat penting perannya dalam membentuk watak, mental, kemampuan manusia serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam rangka pemerataan pendidikan pelaksanaan program wajib belajar menunjuk pada kondisi pemerataan kesempatan untuk memperoleh pendidikan bagi anak usia 7-15 tahun. Hal ini mengandung pengertian bahwa setiap anak memperoleh kesamaan dalam kesempatan, akses dan perlakuan berdasarkan kemampuan dan potensi yang dimiliki.

Rabu Belajar dalam rangka mempercepat pelaksanaan pembangunan pendidikan dengan sasaran:

  1. Perluasan dan pemerataan memperoleh pendidikan yang bermutu bagi seluruh lapisan masyarakat
  2. Peningkatan kualitas, kompetensi dan profesionalisme pendidikan dan tenaga pendidikan
  3. Penyesuaian kurikulum yang relevan dengan kebutuhan dan tuntutan masa kini dan yang akan datang
  4. Pemberdayaan lembaga pendidikan formal dan nonforma1 yang didukung dengan prasarana dan sarana yang memadai
  5. Peningkatan peran serta masyarakat dan swasta dalam pengelolaan dan  penyelenggaraan pendidikan
  6. Peningkatan program kualitas lembaga pendidikan pemerintah maupun swasta
  7. Pengembangan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh
  8. Peningkatan pelayanan pendidikan dasar menuju pendidikan dasar yang lebih berkualitas dan ke tingkat yang lebih tinggi (menengah)

Rabu Berbahasa Jawa

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karanganyar wajib selalu nguri-uri Bahasa Jawa, mengembangkan dan melestarikannya. Pemakaian Bahasa Jawa merupakan upaya meningkatkan budi pekerti luhur dan berkepribadian.

Adapun kegiatan Bupati Karanganyar setiap hari Rabu adalah sebagai  berikut:

  1. Melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah untuk memantau penyelenggaraan pendidikan sampai ke sekolah-sekolah serta memberikan pembinaan terhadap para pendidik di wilayah Kecamatan.
  2. Memberikan menyalurkan bantuan yang sumbernya dari anggaran Pemerintah dan atau sumbangan yang Bab kepada siswa tidak mampu, memotivasi anak yang putus sekolah dan usia sekolah yang belum sekolah.
  3. Penggunaan Bahasa Jawa (kromo) di semua jajaran Dinas/ Instansi/ Kantor dan sekolah-sekolah serta masyarakat pada umumnya, baik pada acara-acara yang formal maupun informal.
  4. Penggunaan Bahasa Jawa (kromo) setiap hari Rabu dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya, serta mendidik budi pekerti yang 1uhur dan berkepribadian.
  5. Penggunaan Bahasa Jawa (kromo) setiap hari Rabu di sekolah sebagai bahasa komunikasi antar guru, guru dengan siswa dan siswa dengan siswa di luar kegiatan belajar mengajar. Penyampaian materi pelajaran di luar mata pelajaran Bahasa Jawa tetap menggunakan bahasa baku.

KAMIS BERTANI

Kabupaten Karanganyar merupakan daerah agraris sehingga bidang pertanian merupakan salah satu komoditas andalan. Bidang Pertanian diarahkan untuk mengembangkan agrobisnis dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas bibit/ benih yang mampu menghasilkan produk-produk unggulan dan meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat pertanian, khususnya petani kecil.

Setiap hari Kamis, Bupati melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pertanian, kegiatannya antara lain

  1. Melaksanakan kunjungan kerja ke daerah-daerah untuk memantau pembangunan di bidang pertanian yang meliputi tanaman pangan, Perkebunan dan kehutanan, perikanan serta peternakan,
  2. Melaksanakan pemantauan kegiatan peningkatan produksi pertanian tanaman pangan baik kuantitas maupun kualitas, pengembangan agroindustri, agrobisnis dan perkembangan agropolitan,
  3. Melaksanakan pemantauan pengembangan, tanaman holtikultura yang meliputi tanaman hias (bunga krisan), biofarmika, buah-buahan, sayur-sayuran dan sebagainya.

JUM’AT KELILING

Setiap Hari Jum’at Bupati Karanganyar beserta jajarannya melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah untuk Jumatan keliling  dengan kegiatan sebagai berikut :

  1. Melaksanakan silaturrahmi dengan warga serta menampung aspirasi/ saran dari warga masyarakat terhadap masalah-masalah yang terjadi di daerah.
  2. Memberikan bantuan berupa prasarana ibadah dan tidak menutup kemungkinan memberikan bantuan lainnya.

SABTU WISATA

Kabupaten Karanganyar mempunyai potensi wisata yang cukup besar yaitu 60 objek wisata, namun yang dikelola baru 12 objek wisata, sehingga potensi yang ada harus dikembangkan. Bidang Pariwisata dijadikan andalan yang menunjang pertumbuhan ekonomi.

Hari Sabtu, Bupati Karanganyar beserta jajarannya melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah dalam rangka untuk pengembangan potensi kepariwisataan  Pengembangan bidang pariwisata diarahkan untuk menjadikan pariwisata sebagai andalan yang menunjang pertumbuhan ekonomi dan kegiatan bidang lainnya. Potensi wisata yang dikembangkan meliputi wisata alam, Wisata sejarah, wisata budaya (adat), wisata buatan/ minat khusus, wisata spiritual.

Usaha-usaha yang dilakukan Bupati dalam rangka pengembangan pariwisata yaitu :

  1. Meningkatkan jumlah obyek wisata, sarana dan prasarana wisata serta jumlah pengunjung di Kabupaten Karanganyar,
  2. Menjalin kerjasama pengembangan wisata dengan berbagai daerah dalam upaya untuk memasarkan potensi wisata di Kabupaten Karanganyar,
  3. Upaya-upaya meningkatkan obyek-obyek wisata melalui   promosi, pameran, dan sebagainya,
  4. Pembinaan Sapta Posona Wisata,
  5. Menyelenggarakan even seni budaya dan atraksi wisata,
  6. Menumbuh kembangkan seni budaya daerah,
  7. Memperbaiki kondisi infrastruktur dan pembangunan di wilayah yang berhubungan dengan bidang perhubungan pariwisata.

MINGGU BERSIH

Lingkungan hidup yang baik, bersih dan sehat merupakan dambaan setiap manusia. Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak sekaligus kewajiban manusia untuk menata dan menjaganya. Pemerintah Kabupaten Karanganyar berupaya untuk menciptakan lingkungan hidup yang bersih, sehat dan indah, dimana dibutuhkan peran serta  masyarakat Kabupaten Karanganyar.

Setiap Hari Minggu pagi Bupati Karanganyar melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kebersihan yaitu :

  • Melaksanakan kunjungan ke daerah-daerah untuk memantau kegiatan masyarakat yang melaksanakan kerja bakti penataan lingkungan dan menjaga kebersihan serta keindahan lingkungan. Dalam kesempatan kunjungan kerja sering kali Bupati memberikan bantuan kepada masyarakat di lokasi kegiatan masyarakat.