Stok Beras 2011 Karanganyar Aman

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Karanganyar memastikan stok beras masih aman untuk tiga bulan ke depan. Kepala Distanbunhut Karanganyar, Siti Maesyaroch mengatakan meskipun banyak panen padi yang gagal di Kabupaten Karanganyar tetapi hasil panen padi masih surplus.
Bahkan surplus untuk tiga bulan ke depan mencapai yang mencapai 45.600 ton. Lebih lanjut Siti menjelaskan, prediksi untuk tiga bulan ini sudah dikurangi dengan jumlah lahan yang diserang hama. “Perhitungan kita ambil dengan cara luas lahan pertanian yang ada di Karanganyar dikali tingkat produktivitas setiap hektarenya,” kata Siti. Sedangkan perkiraan untuk produksi setiap hektare sawah mencapai enam ton.
Hasil ini dibagi dengan jumlah penduduk di Karanganyar yang mencapai 800.000 jiwa. “Dari survei, setiap orang mengonsumsi beras sebanyak tujuh kilogram setiap bulannya,” terangnya. Mengenai prediksi setiap bulannya, Siti mengatakan pada bulan Januari luas lahan yang bisa dipanen sebesar 1.800 hektare. “Jumlah ini sudah dikurangi dengan luas lahan yang diserang hama sebesar 240 hektare,” kata Siti.
Bulan Februari sebanyak 7.450 hektare, kemudian untuk bulan Maret diprediksi mencapai 7.120 hektare. Sehingga jika ditotal untuk ketiga bulan ke depan, sawah yang bisa dipanen seluas 16.335 hektare dan jumlah padi beras kering yang dihasilkan sebanyak 98.010 ton.