PEMERINTAH KABUPATEN
KARANGANYAR

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Berbeda dengan Air Terjun Grojogan Sewu di daerah Tawangmangu yang telah lebih dulu diikembangkan, air terjun jumog masih  tampak lebih sederhana. Air Terjun Jumog telah dibuka untuk umum sejak tahun 2004 lalu. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan keindahan khas wisata alam. Konon, setiap pukul sepuluh pagi, muncul pelangi di air terjun ini.

Untuk menuju ke lokasi wisata Air Terjun Jumog, dari arah Solo, meluncurlah ke arah Tawangmangu. Di pertigaan selepas Pasar Karangpandan, ambillah jalur ke kiri, ke arah Ngargoyoso. Jalur ke kanan adalah jalur ke Tawangmangu. Pada ujung jalan masuk tersebut akan terlihat penunjuk jalan dan gapura yang menginformaskan Air Terjun Jumog.

Air Terjun Jumog dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Tiket masuknya cukup murah. Fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata ini cukup lengkap. Di samping kita bisa menikmati indahnya air terjun yang dikelilingi bukit dengan pepohonan hijau yang asri, disediakan pula arena mainan dan kolam renang anak-anak.

Debit air di air terjun ini tidak begitu deras. Kita bisa keceh (bermain air) sepuasnya, menikmati dinginnya air pegunungan menusuk ke kulit kita.

Bagi & Ikuti

Meta

Ditulis pada oleh Dodik dalam kategori Alam dan tag , , . Klik untuk Bookmark.

Terkait

%d bloggers like this: