PEMERINTAH KABUPATEN
KARANGANYAR

Sekretariat DPRD

Plt. Sekretaris DPRD

Nama                     : Drs. SUJARNO, M.Si
Alamat Kantor  : Jl. Lawu Karanganyar
Telp                       : 0271-495722

Dasar Hukum

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 1 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar.

Tugas dan Fungsi

Sekretaris DPRD mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas, Sekretaris DPRD mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis kegiatan pelayanan DPRD
  • Pelaksanaan kegiatan pelayanan untuk mendukung tugas dan fungsi DPRD
  • Pengkoordinasian dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan DPRD
  • Pengelolaan Tata Usaha Sekretariat DPRD

Uraian tugas Sekretaris DPRD, sebagai berikut :

  • Merumuskan program kegiatan Sekretariat DPRD berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Mengarahkan tugas bawahan sesuai bidang tugasnya baik lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • Merumuskan konsep kebijakan Bupati dalam memberikan pelayanan kepada DPRD berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan arahan operasional Sekretariat DPRD
  • Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan DPRD dengan semua unsur yang terkait, agar terjalin kerja sama yang terpadu
  • Mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan untuk mendukung tugas dan DPRD.
  • Mengarahkan kegiatan penyelenggaraan rapat-rapat, kunjungan kerja dan kegiatan DPRD lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas
  • Mengendalikan pelaksanaan fasilitasi kegiatan DPRD melalui pemantauan dan laporan bawahan agar kegiatan dapat dilaksanakan secara berhasil guna dan berdaya guna
  • Menyiapkan perumusan kebijakan yang diputuskan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat dalam bentuk produk tata naskah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
  • Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Struktur Organisasi

Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar, Terdiri Dari:

A. Sekretaris DPRD

Terdiri dari :

a.  Bagian Umum, terdiri dari :

  • Sub Bagian  Rumah Tangga & Perlengkapan
  • Sub Bagian Tata Usaha
  • Sub Bagian  Keuangan

b.  Bagian  Persidangan, Humas, & Protokol, terdiri dari :

  • Sub Bagian  Humas & Protokol
  • Sub Bagian  Rapat
  • Sub Bagian Risalah

c.  Bagian Perundang-Undangan, terdiri dari :

  • Kasubag Dokumentasi & Perpustakaan
  • Kasubag Fasilitas Antar Lembaga
  • Kasubag Legislasi

e.  Kelompok Jabatan Fungsional.

ALAMAT

Alamat Kantor     :  Jl. Lawu Karanganyar Kodepos 57716
No. Telp                 :  (0271) 495722 Fax. (0271) 494834

Bagi & Ikuti

Meta

Ditulis pada oleh admin dalam kategori SKPD dan tag , , , , , . Klik untuk Bookmark.

Terkait

%d bloggers like this: