Inspektorat

Dasar Hukum

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 3 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Satuan Polisi Pamong Praja Kapubaten Karanganyar.

Tugas dan Fungsi

Inspektur mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah Kabupaten Karanganyar, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan pelaksanaan urusan Pemerintahan Desa.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana tersebut di atas, Inspektur mempunyai fungsi :

  • Perencanaan program pengawasan
  • Perumusan kebijakan dan fasilitasi di bidang pengawasan yang meliputi bidang pemerintahan dan aparatur pendapatan dan pengelolaan aset, perekonomian dan pembangunan, kesejahteraan sosial serta kesekretariatan
  • Pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan di bidang pengawasan yang meliputi bidang bidang pemerintahan dan aparatur, pendapatan dan pengelolaan aset, perekonomian dan pembangunan, kesejahteraan sosial serta kesekretariatan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas sebagaimana tersebut di atas, sebagai berikut:

  • Merumuskan program kegiatan Inspektorat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, memberikan arahan dan petunjuk secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal
  • Merumuskan kebijakan Bupati di bidang pengawasan berdasarkan wewenang yang diberikan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan arahan operasional
  • Mengkoordinasikan dan fasilitasi kegiatan di bidang pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengendalikan pelaksanaan kegiatan di bidang pengawasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Membina pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang pengawasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan operasional di bidang pengawasan ¬†dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun sebagai bahan penyusunan laporan
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja
  • Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
  • Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Struktur Organisasi

Inspektorat Kabupaten Karanganyar, terdiri dari:

A. Inspektur

B. Sekretaris

C. Kasubag Administrasi & Umum

D. Kasubag Perencanaan

E. Kasubag Evaluasi & Pelaporan

F. Inspektur Pembantu Wil I Bidang Pemerintahan & Aparatur

Terdiri Dari

  • Seksi Pengawas Aparatur
  • Seksi Pengawas Pemerintahan Umum
  • Seksi Pengawas Pemerintahan Daerah & Pemdes/Kelurahan

G. Inspektur Pembantu Wil Ii Bidang Pendapatan & Pengelolaan Aset

Terdiri Dari:

  • Seksi Pengawas Pendapatan Pajak Daerah & Penerimaan Lain-Lain
  • Seksi Pengawas Pengelolaan Aset
  • Seksi Pengawas Retribusi Daerah

H. Inspektur Pembantu Wil Iii Bidang Perekonomian & Pembangunan

Terdiri Dari:

  • Seksi Pengawas Ekonomi Koperasi & Bumn
  • Seksi Pengawas Industri, Perdagangan, Perhubungan & Pariwisata
  • Seksi Pengawas Pertanian, Pemukiman & Lingkungan Hidup

I.  Inspektur Pembantu Wil Iv Bidang Kesejahteraan Sosial

Terdiri Dari:

  • Seksi Pengawas Pendidikan, Pemuda & Olahraga
  • Seksi Pengawas Kesehatan & Keluarga Berencana
  • Seksi Pengawas Sosial, Kependudukan, Naker & Transmigrasi

Daftar Pejabat

No Jabatan Nama
1 Inspektur Suprapto, SH, MM
2 Sekretaris Drs. Kuswadi, M.Pd
3 Kasubag Administrasi dan Umum Tri Wulan Aji, S.Sos, MM
4 Kasubag Perencanaan Dra. Sunarmi
5 Kasubag Evaluasi dan Pelaporan Sri Danarto Latnokusumo, St. MM
6 Inspektur Pembantu I Bidang Pemerintahan dan Aparatur Drs. Seno Mursito
7 Inspektur Pembantu II Bidang Pendapatan dan Pengelolaan Aset Sugiyarto, SE, MM
8 Inspektur Pembantu Wil III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Zaenal Arifin, SH
9 Inspektur Pembantu Wil IV Bidang Kesejahteraan Sosial Drs. Suripto, M.Si
10 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Drs. Sriyono Rahardjo
11 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Dra. Dyah Mustikawati, MM
12 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Supriyono, SH, M. Hum
13 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Heni Kustyawati, SH, MM
14 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Bambang Sutrisno, SH
15 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Sunardi, S. Sos
16 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Budi Raharjo, S. Sos
17 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Dwi Amperawati, Sip
18 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Ir. Suhud, MM
19 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Asihno Purwadi, St
20 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Agung Wahyu Utomo, S. Stp
21 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Hartuti, SE
22 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Daryanto, St, MT
23 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Katiyo, S. Sos
24 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Ngatimin, SE
25 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Basri SEtyowati, S. Sos
26 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Agus Cahyono, S. Sos
27 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah Ahmad Choirudin, SH
28 Jabatan Fungsional Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Di Daerah C. Andi Murtopo, S. Sos

Alamat

Jl. KH. Samanhudi Komplek Perkantoran Cangakan, Karanganyar
Telp. 0271-495176
Fax. 0271-494426
E-mail: inspektorat@karanganyarkab.go.id
Website: inspektorat.karanganyarkab.go.id