Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Dasar Hukum

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 2 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kapubaten Karanganyar.

Tugas dan Fungsi

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan daerah di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Kepala Dinas  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di Bidang Kependudukan dan pencatatan sipil yang meliputi kependudukan, pencatatan sipil, pengelolaan data dan dokumen penduduk serta kesekretariatan.
  • Penyelenggaraan  urusan pemerintahan dan pelaksanaan pelayanan umum di bidang kependudukan dan pencatatan sipil yang meliputi kependudukan, pencatatan sipil, pengelolaan data dan dokumen penduduk serta kesekretariatan.
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kependudukan, pencatatan sipil, pengelolaan data dan dokumen penduduk serta kesekretariatan.
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian  tugas sebagaimana tersebut diatas, sebagai berikut :

  • Merumuskan program kegiatan Dinas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Mengarahkan tugas bawahan sesuai bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal
  • Merumuskan kebijakan Bupati di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil berdasarkan wewenang yang diberikan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengkoordinasikan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil
  • Mengevaluasi perkembangan kependudukan dan pencatatan sipil
  • Menetapkan dokumen di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Mengendalikan pelaksanaan kegiatan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Membina pelaksanaan kegiatan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun sebagai bahan penyusunan laporan
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja
  • Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
  • Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Struktur Organisasi

a.  Kepala Dinas

b.  Sekretariat, membawahkan :

  • Sub Bagian Perencanaan
  • Sub Bagian Keuangan
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

c.  Bidang Kependudukan, membawahkan :

  • Seksi Identitas Penduduk
  • Seksi Mutasi Penduduk
  • Seksi Registrasi Penduduk

d.  Bidang Pencatatan Sipil, membawahkan :

  • Seksi Pencatatan Kelahiran dan Kematian;
  • Seksi Pencatatan Perkawinan dan Perceraian;
  • Seksi Pengangkatan, Pengakuan dan Pengesahan Anak.

e.  Bidang Pengelolaan Data dan Dokumen Penduduk, membawahkan :

  • Seksi Pengumpulan Data dan Teknologi Informasi;
  • Seksi Pengelolaan Data.

f.  Unit Pelaksana Teknis.

g.  Kelompok Jabatan Fungsional

Daftar Pejabat

No Jabatan Nama
1 Kepala Drs. Larmanto, M.Si
2 Sekretaris Narimo, S.Sos, MM
3 Kasubag Keuangan Riyasi, S.Sos, MM
4 Kasubag Perencanaan Dra. Ema Nurhayati, M.Si
5 Kasubag Umum dan Kepegawaian Wardiyo, S.Sos
6 Kabid Pengolahan Data dan Dokumen Penduduk Dra. Hangestiningsih, MM
7 Kasi Pengolahan Data Yuli Nurwanti, S.Sos, MM
8 Kasi Pengumpulan Data dan Teknologi Informasi Suparmin, SE
9 Kabid Catatan Sipil Sri Herlina, SH, M.Hum
10 Kasi Pencatatan Kelahiran dan Kematian Sri Sumarni, SH, M.Hum
11 Kasi Pencatatan Perkawinan dan Perceraian Suyadi, SH
12 Kasi Pengangkatan, Pengakuan, dan Pengesahan Anak Dra. Wiwik Rubiyanti
13 Kabid Kependudukan Lilik Anugraheni, SH, MM
14 Kasi Identitas Penduduk Herusty Tjahjani, SE
15 Kasi Mutasi Penduduk Sri Retnani, SH, MM
16 Kasi Registrasi Penduduk Sri Hartanto Subagyo, S.Sos

Alamat

Jl. Kapten Mulyadi, Karanganyar
Telp. 0271-495035; 405402
Fax. -
E-mail: disdukcapil@karanganyarkab.go.id
Website: disdukcapil.karanganyarkab.go.id