Dinas Kebersihan dan Pertamanan

Dasar Hukum

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 2 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kapubaten Karanganyar.

Tugas dan Fungsi

Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah di Bidang Kebersihan dan Pertamanan berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan.

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana tersebut diatas, Kepala Dinas mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis penyelenggaraan Pemerintahan Daerah di bidang kebersihan dan pertamananyang meliputi kebersihan, pertamanan dan penerangan jalan, pemakaman dan pemadam kebakaran serta kesekretariatan
  • Penyelenggaran urusan pemerintahan dan pelaksanaan pelayanan umum di bidang kebersihan dan pertamanan yang meliputi kebersihan, pertamanan dan penerangan jalan, pemakaman dan pemadam kebakaran serta kesekretariatan
  • Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang kebersihan dan pertamanan yang meliputi kebersihan, pertamanan dan penerangan jalan, pemakaman dan pemadam kebakaran serta kesekretariatan
  • Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis dalam lingkup Dinas Kebersihan dan Pertamanan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas sebagaimana tersebut diatas, sebagai berikut :

  • Merumuskan program kegiatan Dinas berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan dan peraturan perundang-undangan agar pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  • Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, memberikan arahan dan petunjuk secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal
  • Merumuskan kebijakan Bupati di Bidang Kebersihan dan Pertamanan berdasarkan wewenang yang diberikan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan di bidang Kebersihan dan Pertamanan  sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengendalikan pelaksanaan kegiatan di Bidang Kebersihan dan Pertamanan  sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Membina pelaksanaan kegiatan di Bidang Kebersihan dan Pertamanan  sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan operasional di Bidang Kebersihan dan Pertamanan dengan cara mengukur pencapaian program kerja yang telah disusun sebagai bahan penyusunan laporan
  • Melaksanakan kebijakan teknis pembangunan di bidang kebersihan,  pertamanan, penerangan jalan, pemakaman dan pemadam kebakaran sesuai peraturan perundangan yang berlaku
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi pembangunan di bidang kebersihan, pertamanan, penerangan jalan, pemakaman dan pemadam kebakaran sesuai peraturan yang berlaku
  • Melaksanakan tugas-tugas pembantuan di bidang kebersihan, pertamanan, penerangan jalan, pemakaman dan pemadam kebakaran yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Propinsi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk kelancaran dan ketertiban pelaksanaan tugas
  • Memberikan izin pengelolaan sampah, pemakaman, pemasangan lampu penerangan jalan umum dan penggunaan taman serta penebangan pohon RTH / LTH
  • Memberikan rekomendasi pemasangan atribut non komersial dan penetapan titik reklame
  • Melaksanakan fasilitasi kerjasama dunia usaha dan masyarakat dalam penyelenggaran, pengembangan pengelolaan sampah
  • Memberikan bantuan teknis persampahan kepada kecamatan, pemerintahan desa serta kelompok masyarakat
  • Merumuskan rencana induk pengembangan pengelolaan sampah
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja
  • Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
  • Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Struktur Organisasi

Susunan Organisasi Dinas Kebersihan dan Pertamanan terdiri dari:

a. Kepala Dinas

b. Sekretariat, membawahi :

  • Sub Bagian Perencanaan
  • Sub Bagian Keuangan
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

c. Bidang Kebersihan, membawahi :

  • Seksi Kebersihan Lingkungan
  • Seksi Pengangkutan, Pembuangan dan Pemanfaatan Sampah

d. Bidang Pertamanan dan Penerangan Jalan, membawahkan :

  • Seksi Pembangunan dan Pemeliharaan Taman
  • Seksi Penerangan Jalan

e. Bidang Pemakaman dan Pemadam Kebakaran, membawahkan :

  • Seksi Pemakaman
  • Seksi Pemadam Kebakaran

f. Kelompok Jabatan Fungsional.

Alamat

Jl. No. Tegal asri, Bejen, Karanganyar, Kodepos 57712
Telp. 0271-495929
Fax. 0271-495929
E-mail: dkp@karanganyarkab.go.id
Website: