Sekretariat Daerah

Dasar Hukum

Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 1 Tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar.

Tugas dan Fungsi

Sekretaris Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Sekretariat DPRD, Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Lembaga Lain, Kecamatan dan Kelurahan.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Sekretaris Daerah mempunyai fungsi :

  • Penyusunan kebijakan pemerintah daerah
  • Pengkoordinasian pelaksaan tugas Sekretariat DPRD, Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja, Lembaga Lain, Kecamatan dan Kelurahan
  • Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Pemerintahan Daerah
  • Pembinaan administrasi dan aparatur Pemerintahan Daerah
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas sebagaimana dimaksud diatas, sebagai berikut :

  • Merumuskan program kegiatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Mengarahkan tugas bawahan sesuai bidang tugasnya baik lisan maupun tertulis guna kelancaran pelaksanaan tugas
  • Mengkoordinasikan sekretariat dprd, dinas daerah, lembaga teknis daerah, satuan polisi pamong praja, lembaga lain, kecamatan dan kelurahan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk menjalin hubungan kerja sama yang baik dalam rangka pelaksanaan tugas
  • Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal
  • Merumuskan kebijakan pemerintahan daerah sebagai pedoman dalam melaksanakan/menyelenggarakan kegiatan di bidang pemerintahan, perekonomian, pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta administrasi
  • Mengkoordinasikan kegiatan dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah, perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah dan perhitungan anggaran pendapatan dan belanja daerah
  • Mengkoordinasikan perumusan peraturan perundang-undangan yang menyangkut tugas pokok pemerintah daerah dan mengundangkan produk peraturan daerah
  • Membina penyelenggaraan kegiatan di bidang pemerintahan, perekonomian,  pembangunan dan kesejahteraan rakyat serta administrasi
  • Memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada bupati
  • Mengkoordinasikan penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban bupati baik tahunan maupun akhir masa jabatan dan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah
  • Melaksanakan pembinaan aparatur pemerintahan daerah
  • Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan administrasi pemerintahan daerah
  • Memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Melaksanakan monitoring, evaluasi dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja
  • Membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan
  • Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Struktur Organisasi

Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, terdiri dari :

A.   Asisten Pemerintahan, membawahkan :

1.   Bagian Pemerintahan Umum, terdiri dari :

  • Sub Bagian Tata Pemerintahan Umum
  • Sub Bagian Petanahan dan Ketertiban
  • Sub Bagian Otonomi Derah dan Kerjasama

2.   Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan, terdiri dari :

  • Sub Bagian Tata Pemerintahan Desa dan Kelurahan
  • Sub Bagian Perangkat dan Lembaga Desa dan Kelurahan
  • Sub Bagian Pendapatan dan Kekayaan Desa

3.   Bagian Hukum, terdiri dari :

  • Sub Bagian Perundang-undangan
  • Sub Bagian Dokumentasi dan Informasi Hukum
  • Sub Bagian Pelayanan Hukum dan Hak Azasi Manusia

4.   Bagian Pengelolaan Data Elektronik, terdiri dari :

  • Sub Bagian Pengembangan Sistem Informasi Manajemen
  • Sub Bagian Pendayagunaan Sistem Informasi Manajemen
  • Sub Bagian Sandi dan Telekomuniikasi

B.   Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat, membawahkan :

1.   Bagian Perekonomian, terdiri dari :

  • Sub Bagian Perekonomian Rakyat
  • Sub Bagian Sumber Daya Alam
  • Sub Bagian Perusahaan Daerah

2.   Bagian Administrasi Pembangunan, terdiri dari :

  • Sub Bagian Penyusunan Program
  • Sub Bagian Pengendalian
  • Sub Bagian Pelaporan

3.   Bagian Kesejahteraan Rakyat, terdiri dari :

  • Sub Bagian Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan
  • Sub Bagian Pemuda, Olahraga, Peranan Wanita dan Tenaga Kerja
  • Sub Bagian Sosial

C.   Asisten Administrasi, membawahkan :

1.   Bagian Perlengkapan dan Keuangan, terdiri dari :

  • Sub Bagian Pengadaan
  • Sub Bagian Pemeliharaan
  • Sub Bagian Keuangan

2.   Bagian Organisasi dan Kepegawaian, terdiri dari :

  • Sub Bagian Kelembagaan dan Analisis Jabatan
  • Sub Bagian Ketatalaksanaan
  • Sub Bagian Kepegawaian

3.   Bagian Umum, terdiri dari :

  • Sub Bagian Tata Usaha
  • Sub Bagian Rumah Tangga
  • Sub Bagian Protokol dan Hubungan Masyarakat

Daftar Pejabat

No Jabatan Nama
1 Sekretaris Daerah Drs. Samsi, M.Si

Alamat

Komplek Perkantoran Cangakan, Jl. Lawu Karanganyar, Kodepos 57712
Telp. 0271-495039 ext.105
Fax. 0271-495590
E-mail: setda@karanganyarkab.go.id
Website: karanganyarkab.go.id