RATNA (Rakyat Terdaftar Negara Aman)

IMG_3038

Rakyat Terdaftar Negara Aman atau disingkat RATNA adalah layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Akte Kelahiran secara mobile. Layanan diberikan melaui 2 unit mobil yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain di wilayah Kabupaten Karanganyar.

Dengan layanan jemput bola ini, masyarakat yang memohon KTP, KK, dan akte kelahiran cukup datang ke mobil tersebut, sehingga dokumen kependudukan yang mereka butuhkan dapat mereka peroleh dengan cepat. Masyarakat tidak perlu lagi datang ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang bearad di ibukota Kabupaten.

Masyarakat yang sudah membawa persyaratan administrasi dari kecamatan, dapat langsung dibuatkan KTP secara singkat tidak lebih dari lima menit. Mobil layanan keliling ini sudah dilengkapi data base kependudukan, juga alat foto langsung jadi, sehingga KTP langsung bisa dicetak.

Layanan Ratna telah tercatat Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai pemecahan rekor pembuatan KTP dan KK serta akte kelahiran tercepat yang diberikan kepada masyarakat.